Waralaba

franchise adalah

Bagi anda yang ingin mencoba berbisnis waralaba ini, selain harus mengetahui hak-hak franchisee kita juga harus mengetahui apa saja keuntungan bisnis franchisee yang diperoleh dari bisnis usaha ini. Dengan membeli lisensi waralaba, kamu memiliki dan menjalankan sendiri tokomu. Tetapi, kamu akan mendapat dukungan dan berbagai sumber daya yang disediakan oleh perusahaan pemberi lisensi.

Dengan bahasa sederhana, bisnis franchise mengizinkan kamu untuk menjual produk dan jasa layanan dari perusahaan lain sesuai dengan kesepakatan dan izin dari perusahaan tersebut. Jadi, dengan sistem franchise, kamu tidak perlu lagi mencari inovasi produk yang akan dijual, dan kamu tidak perlu merancang strategi bisis baru. Waralaba merupakan terminologi hasil terjemahan dari kata franchise. Kata franchise berasal dari bahasa Prancis yaitu franch, fancher. Waralaba itu sendiri adalah berasal dari kata wara yang artinya lebih dan laba yang artinya untung.

franchise adalah

Jadi franchise/waralaba dalam bahasa Indonesia adalah usaha yang memberikan keuntungan lebih atau istimewa. Menurut para ahli franchise adalah sebagai sebuah lisensi merek dari pemilik yang mengijinkan orang lain untuk menjual produk atau service atas nama merek tersebut. Biasanya, para franchisees atau pengelola franchise merupakan pengusaha baru yang sedang menjajal dunia bisnis. Maka, untuk meminimalkan potensi kegagalan, parafranchisees ini membutuhkan sistem yang memudahkan kinerja mereka. Salah satu cara yang paling efektif dan paling pas digunakan untuk bisnisfranchise adalah sistem POS. Mulai dari pengelolaan inventaris, manajemen loyalitas pelanggan, pengaturanshiftkerja para staf, sampai laporan penjualan yangup-to-dateakan diatur langsung oleh sistem.

Sistem POS modern seperti HelloBill juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh para staf tanpa butuh pelatihan khusus yang memakan waktu. Desain perangkat yang modern dengan harga terjangkau juga mereduksi biaya pembukaanfranchise, jadi para investor atau calonfranchiseesakan lebih tertarik. Ditambah, penggunaan sistem POS untukfranchise ini hanya membutuhkan jaringan internet yang dapat mereduksi biaya yang dibutuhkan calon franchiseeslebih banyak lagi. Franchise atau waralaba merupakan sistem mengkomersilkan bisnis yang sudah memiliki brand sangat kuat. Tugas investor yang berminat menapaki usaha melalui jalur waralaba hanya bertugas meneruskan kesuksesan yang telah dirintis pendirinya. Semua hal yang berhubungan dengan produk menjadi tanggungjawab pihak pertama. Pelatihan manajemen produksi dan pemasaran termasuk pelayanan yang menjadi hak investor.

Usaha franchise atau waralaba secara umum didefinisikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk, jasa ataupun layanan. Dalam usaha ini terdapatfranchisor, Franchisee, franchise feedanroyalty fee. Franchise feeadalah biaya awal di muka sebelum waralaba mulai beroperasi. Sedangkanroyalty feeadalah biaya setelah usaha waralaba dijalankan. Sebagai gantinya, brand tersebut akan membayar biaya atau kompensasi atas usaha yang dilakukan seorang pebisnis demi keberlangsungan bisnis brand tersebut.

Akan tetapi, jalinan kepercayaan dan keterlibatan partner di antara kedua jenis ekspansi ini jauh berbeda. Membuka cabang dilakukan oleh perusahaan yang memiliki cukup dana, ingin rahasia bisnisnya tetap aman, pengontrolan lebih mudah atau dalam jangkauan dan mau untuk mengurusi karyawannya sendirian.

Sebab itulah, membeli lisensi bisnis waralaba biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berbeda merek tentu membutuhkan biaya yang berbeda, karena itu, lakukan perhitungan dengan benar sedari awal. Chapayom berambisi untuk menjadi salah satu brand franchise besar di Indonesia. Dengan menggunakan strategi bisnis yang sangat detail hingga pemilihan warna dalam produk. Hal itu akan membuat para calon franchisee tidak perlu ragu dalam memilih franchise Chapayom. Tentu saja mereka sudah memiliki standar operasional yang tinggi agar setiap franchisee dapat menjual produk dengan optimal. Dengan bantuan marketing yang baik dan SOP yang baik itu akan sangat menunjang penjualan.

Di waktu lain, ini berarti hak untuk menjual kembali produk franchisor. Akan tetapi waralaba dari produk lokal Indonesia masih terhitung sedikit dengan skala yang belum begitu besar.

Kamu, sebagai franchisee atau penerima waralaba harus membayar dua hal kepada franchisor, yaitu franchise fee dan royalty fee jika kamu benar-benar ingin berbisnis franchise. Pada awal kesepakatan dan sebelum berbisnis, kamu harus membayar franchise fee atau modal awal kepada franchisor. Franchise fee ini sebenarnya digunakan untuk membayar lisensi atau hak merek dagang perusahaan induk dan hak untuk menggunakan pedoman operasional selama jangka waktu franchise.

Waralaba jenis ini memiliki integrasi bisnis yang lebih lengkap dibandingkan jenis lainnya. Penerima hak cipta mendistribusikan barang milik franchisor dibawah hak cipta franchisor serta melaksanakan format dan cara yang diberlakukan oleh franchisor. Waralaba jenis ini paling populer dan paling diminati di Amerika Serikat. Contoh perusahaan yang menggunakan sistem waralaba ini adalah Starbucks Coffee. Waralaba juga disebut dengan franchise merupakan bisnis yang cukup menguntungkan. Pihak franchisee mendistribusikan produk dan jasa franchisor di bawah hak cipta pihak franchisor sekaligus mengimplementasikan format dan prosedur yang diberlakukan oleh pihak franchisor dalam bisnis tersebut. Seluruh syarat dan ketentuan dalam menjalankan bisnis tercantum dalam sebuah kontrak yang mengikat secara hukum.